Indonesia boleh berbangga. Negeri agraris yang sangat luas lahan pertanian dan perkebunannya ini memiliki industri manufaktur alat-alat pertanian berstandar internasional: CV Karya Hidup Sentosa (KHS). Perusahaan yang didirikan oleh pasangan suami-istri Kirdjo Hadi Suseno pada 1953 di Yogyakarta ini merupakan perusahaan swasta nasional terbesar dalam industri traktor tangan roda dua, traktor roda empat, dan traktor angkut pedesaan roda empat dengan merek QUICK.

Berdiri sebagai sebuah bengkel sederhana, CV KHS bertumbuh pesat secara bisnis dan sumber daya manusia. Selain kapasitas produksi yang terus meningkat, ditandai dengan perluasan pabrik secara signifikan, secara pemasaran pun makin meluas, ditandai dengan jangkauan ekspor hingga ke-16 negara selain pasar nasional yang tentu saja sudah dikuasai. Tenaga kerja pun terserap semakin banyak.

Dengan QUICK, CV KHS makin membesar sesuai tekad, semangat, dan keyakinan pendiri, yaitu berjuang dan berkarya dengan sikap profesional, baik dalam masyarakat dunia usaha maupun masyarakat umum. Selain itu, CV KHS juga berusaha dapat berperan dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembangunan bangsa Indonesia. Cita-cita pendiri terjaga hingga kini dan seterusnya.

 

Misi CV Karya Hidup Sentosa

Membangun Indonesia yang hebat melalui bidang manufaktur dan perdagangan.

 

Nilai-Nilai CV Karya Hidup Sentosa

  1. Integritas
  2. Hidup Sederhana
  3. Kerja Tim
  4. Orientasi pada Pelanggan
  5. Unggul (Excellence)
  6. Selalu Belajar dan Berubah
  7. Fanatik terhadap Detail

 

Visi CV Karya Hidup Sentosa

  1. Menjadi perusahaan kelas dunia di bidang manufaktur dan perdagangan dengan:
    1. Menekankan pada pertumbuhan yang berkelanjutan
    2. Membentuk sumber daya manusia yang berkompetensi tinggi
    3. Memberikan kepuasan kepada pelanggan
    4. Menciptakan produk yang berkualitas dan inovatif dengan harga bersaing
    5. Melakukan perbaikan yang berkesinambungan dengan cepat dan efisien
    6. Membangun jaringan distribusi yang luas dan kuat
  2. Menjadi perusahaan yang mempunyai tanggung jawab sosial serta ramah lingkungan.

 

Kebijakan Mutu (Quality Policy) CV Karya Hidup Sentosa

Menjadi produsen traktor tangan terkemuka di pasar nasional, melalui inovasi dan perbaikan terus menerus dengan komitmen total demi kepuasan pelanggan.

Untuk mewujudkan Kebijakan Mutu tersebut di atas, maka CV. Karya Hidup Sentosa senantiasa berupaya keras dan berkomputer tinggi untuk:

  1. Memberikan kepuasan kepada pelanggan.
  2. Menjaga pertumbuhan dan pengembangan perusahaan.
  3. Memiliki keunggulan bisnis dengan:
    1. Menciptakan produk yang berkualitas dan inovatif dengan harga bersaing.
    2. Membangun jaringan distribusi yang luas dan kuat.
    3. Membentuk sumber daya manusia yang berkompetensi tinggi.
    4. Melakukan perbaikan yang berkesinambungan dengan cepat.

Saat ini CV Karya Hidup Sentosa sudah mengekspor ke berbagai negara di Asia, Asia Pasifik, Afrika, dan Amerika Latin.

 

Joint Venture Company

CV Karya Hidup Sentosa bekerjasama dengan Kubota Corp. Japan mendirikan pabrik perakitan mesin diesel horisontal Kubota di Semarang pada tahun 1973. Perusahaan bernama PT Kubota Indonesia ini merupakan joint venture perusahaan antara Indonesia dan Jepang yang menempatkan CV Karya Hidup Sentosa sebagai pemegang saham sekaligus dealer utama PT Kubota Indonesia.

 

ISO 9001:2015

CV Karya Hidup Sentosa berkomitmen menghasilkan produk-produk yang berkualitas. Sebagai jaminan kualitas, CV Karya Hidup Sentosa telah mendapat sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 (Certificate ID08/01223.01) yang dikeluarkan dan disahkan oleh SGS, sebuah lembaga sertifikasi bertaraf internasional.

 

Teknologi & Sumber Daya Manusia

Globalisasi mengubah wajah industri dan pasar. CV KHS sadar itu. Untuk bisa memenangi persaingan, diperlukan terobosan yang berani di bidang teknologi, produktivitas, kualitas produk, pelayanan, manajemen, serta sumber daya manusia perusahaan.

Investasi besar-besaran pun ditempuh. CV KHS terus memperbarui mesin-mesin produksi dengan teknologi paling canggih.

Investasi untuk pengembangan manusia juga besar. Seperti pepatah the man behind the gun, maka selain mesin-mesin berteknologi tinggi, perusahaan juga merekrut sumber daya manusia berkualitas. Mereka diwajibkan menempuh serangkaian pelatihan, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

 

Filosofi

  1. Perhatikan konsumen:
    Berikan pelayanan terbaik, bina hubungan saling menghormati, bertanggung jawab, dan penuh keakraban, serta saling menguntungkan kedua belah pihak.
  2. Perhatikan mitra:
    Bina hubungan mutualisme secara profesional dengan sesama kolega sebagai mitra kerja untuk mencapai kondisi yang saling menguntungkan.
  3. Perhatikan sumber daya manusia:
    Tempatkan seluruh karyawan sebagai bagian dari perusahaan yang tiada ternilai, sehingga menjadi kewajiban perusahaan untuk memperhatikan pengembangan, kemajuan, serta kesejahteraan mereka.
  4. Perhatikan masyarakat:
    Dorong setiap karyawan untuk berpartisipasi aktif dalam pergaulan dengan masyarakat sehingga secara tidak langsung setiap karyawan kami merupakan humas dari perusahaan.
  5. Berwawasan lingkungan:
    Bagaimana pun setiap kegiatan manusia akan dapat mempengaruhi lingkungan alam sekitarnya. Untuk itu, CV Karya Hidup Sentosa berusaha untuk menanamkan pengertian yang mendalam kepada segenap sumber daya manusia perusahaan untuk turut serta mengurangi dampak negatif agar konservasi alam dapat berjalan seimbang.